Mindpalace Series

Mind palace 1A, Woven photographs, 66 x 89 cm, 2016, 1st edition from 3

 

Mind palace 1B, Woven photographs, 59 x 97 cm, 2016, 1st edition from 3

 

Mind palace 2A, Woven photographs, 66 x 89 cm, 2016, 1st edition from 3

 

Mind palace 2B, Woven photographs, 59 x 97 cm, 2016, 1st edition from 3

 

Mind palace 3A, Woven photographs, 66 x 89 cm, 2016, 1st edition from 3

 

Seri Mind palace adalah seri karya Patriot dimana ia sebagai seniman menyelami kembali memori  pribadi. Memori yang diangkat adalah memori spesifik yang  terkait era Orde Baru. Misinya adalah ingin menceritakan alur sejarah makro melaui kisah-kisah mikro. Dalam hal ini memori  pribadi yang terkait memori orang banyak atau collective memory.

Mind palace, kadang disebut juga sebagai memory palace, adalah suatu teknik untuk mengingat secara detail. Metodenya adalah dengan cara membayangkan suatu ruang dan menanamkan hal-hal yang butuh diingat di ruang tersebut. Pada karya ini, ruang tersebut adalah ruang kelas di sekolah dasar. Patriot menanamkan ingatan mengenai era  Orde Baru di ruang tersebut dan direpresentasikannya dengan teknik anyaman. Di era tersebut, sekolah menjadi salah satu cara pemerintah menginfiltrasi pikiran para siswa agar sesuai dengan haluan Negara. Kesan blur yang tampak pada karya merupakan representasi dari ingatan yang tidak bisa sepenuhnya digenggam.

Seri karya ini dipamerkan pada tahun 2016 di Galeri G 13, Kuala Lumpur, Malaysia, dan sebagian dari seri tersebut juga sempat ditampilkan di Galeri Nadi, Jakarta, dan di PKKH UGM, Yogyakarta dalam acara Pra Biennale Jogja 2017.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *